Rabu, 22 Oktober 2008

Visual Simbol














Visual simbol merupakan tugas pertama semester kedua dimata kuliah Desain Komunikasi Visual. Dalam tugas pembuatan visual simbol ini, saya diminta untuk memilih 10 dari 20 tema yang diberikan oleh dosen pengajar. Sepuluh tema yang sudah dipilih, kemudian diidentifikasi ciri - cirinya, dan dicari hal apa saja yang terkait dengan tema tersebut. Setelah kesepuluh tema teridentifikasi, kemudian dipilih 6 tema terbaik dari kesepuluh tema tersebut. Dari kesepuluh tema saya memilih BANYAK AKSI TERORIS, PRAKTEK DUKUN, ANJING GALAK, SEDANG ADA PESTA, TEMPAT ANGKER, dan WASPADA JAMBRET untuk dijadikan visual simbol.

Bentuk frame, saya pilih bentuk belah ketupat karena lebih fleksibel untuk ditempatkan dimana saja. Warna gambar menggunakan warna hitam dengan framenya berwarna kuning menyala agar mudah terlihat. Didalam frame diberi garis tepi warna hitam sebagai penguat gambar.

URAIAN

  • BANYAK AKSI TERORIS



















Ini adalah visual simbol dari tema BANYAK AKSI TERORIS. Saya mencoba menggambar seorang teroris yang memakai topeng, dan membawa senjata api berupa senapan AK- 47. Senapan AK - 47 merupakan senapan buatan Rusia, yang sering digunakan oleh para teroris untuk melakukan aksi- aksi mereka. Gambarnya saya sajikan dalam bentuk siluet, agar terkesan sederhana.


  • PRAKTEK DUKUN



















Ini adalah visual simbol dari tema PRAKTEK DUKUN. Untuk visual simbol ini, saya menggambar seorang dukun yang sedang melakukan ritual. Saya menggambarkannya dengan mengambil sudut pandang dari samping belakang dukun, dan menambahkan gambar tempat pembakaran kemenyan agar kesan dukunnya lebih terlihat. Gambarnya saya sajikan dalam bentuk siluet.

  • ANJING GALAK



















Ini adalah visual simbol dari tema ANJING GALAK. Disini saya menggambar siluet seekor anjing jenis bulldog, dengan ditambahkan gambar kalung anjing berduri. Untuk menambah kesan galak dari seekor anjing, saya mengambarkan taring anjing yang keluar dari mulutnya.

  • SEDANG ADA PESTA



















Untuk visual simbol dari tema SEDANG ADA PESTA, saya menggambar siluet dari bentuk janur kuning. Saya mengambil bentuk janur kuning, karena di Indonesia janur kuning sudah sangat familiar untuk dijadikan penanda adanya pesta terutama pesta pernikahan.


  • TEMPAT ANGKER



















Ini adalah visual simbol dari tema TEMPAT ANGKER. Disini saya menggambar siluet dari bentuk Jelangkung ( alat tradisional untuk memanggil roh gentayangan. Terbuat dari tempurung kelapa, kayu, dan kain yang dibentuk seperti boneka).

Tempat angker erat hubungannya dengan roh - roh gentayangan, dan Jelangkung adalah media yang sering terlibat dengan dunia roh gentayangan. Karena itulah saya memilih bentuk Jelangkung untuk visual simbol TEMPAT ANGKER.

  • WASPADA JAMBRET



















Visual simbol untuk tema WASPADA JAMBRET, saya menggambar siluet seorang wanita yang sedang dijambret kalungnya.

2 komentar:

  1. yg ini keren2 gambarnya di, apalagi yang "praktek dukun" kocak bgt gw liat dukunnya..

    BalasHapus
  2. praktek dukun...gkgkgkgk...gak kepikiran

    BalasHapus